Press "Enter" to skip to content

Cabe = Emas

Petani cabe di Banyumas Jawa Tengah menjaga ketat tanaman cabe yang mulai memasuki masa panen. Setiap malam kebun cabe dijaga hingga dinihari untuk mencegah kasus pencurian menyusul meroketnya harga sayuran tersebut yang kini menembus Rp 100.000 per kilogram (kg). [sumber]

Rp 100.000 harga perkilo dari cabe? Hell yeah. Harga cabe perkilo nya udah mulai mendekati harga emas per gram nya. Jangan2 sebentar lagi cabe bakal dijadikan standar barter yang baru, ato bahkan diawetkan dengan air keras kemudian dijadikan perhiasan mewah :)

Kalo disatuin dengan lelucon dosen Fisika Nonlinier gw, maka persamaannya jadi gini. Alat barter kita akan bertambah, dari yang hanya mineral berharga [emas, intan, dll], ditambah dengan cabe yang udah punya “harga”. Sementara nilai hitung rupiah kita juga akan bertambah. Dari yang hanya ribu, juta, milyar, trilyun, ditambah dengan satuan Gayus. Kalo 1 milyar itu setara dengan 1000 juta, siapa yang tahu 1 gayus itu setara dengan berapa milyar? :)

Sebagai #mahasiswakere , gw termasuk pihak yang dirugikan dengan kenaikan harga cabe yang ga kira2 ini. Bagaimana tidak, setiap ke warteg, pasti sambelnya dijatah ama si-ibu-warteg, cukup sesendok-duasendok. Gimana mau nafsu makan, kalo kagak ada pedes2nya :(

Ditempat lain, saat gw lagi asyik makan mie telor, seseorang memesan nasi goreng. “Yang pedas mas”, gitu katanya. Namun apa yang dikatakan sang penjual? “Maaf mas, ga ada cabe nya”. Fuck that. Silahkan makan nasi-goreng-tanpa-cabe yang buat gw kayak makan sayur-asem-tanpa-garam.

Disisi lain kok saat makan mie telor itu gw ngerasa ada pedes2nya kok. Baru sadar kalo gw pake saos. Nah pertanyaannya, kenapa harga cabe melonjak gitu tajam, tapi harga saos kagak?

“Masyarakat dapat menaman cabai lewat warung hidup, membeli saus yang diproduksi industri bumbu, dan apabila masih dianggap mahal, untuk sementara tidak makan cabai terlebih dahulu,” saran Kadisperindag Pemprov Jabar, Ferry Sofwan Arif di sela-sela rapat Forum Koordinasi Pengendali Inflasi (FKPI) Jabar di Bandung, Rabu (5/1). [sumber]

Nah lho? Bahkan saat [iseng] belanja di minimarket terdekat, kayaknya ga ada perubahan harga saos, segitu2 aja harganya. Padahal saos bermerek lho. Tanya kenapa? :)

  • RestiMoeslim

    sebagai pecinta pedas
    pecinta cabai
    sudah saatnya bertani cabai sendiri

  • asfarian

    Sepuluh ribu ruiah cuma dapat sebungkus kecil..
    Sebungkus isinya ga nyampe sepuluh.

    Bersabar dulu lah :mrgreen:

    • Gimana itu Rumah Makan Padang y gan :D

  • julicavero

    harga cabai mahal mmhhh…harus mengurangi makan sambal neh

    • Kurangin makan sambal, hentikan makan uang haram :D

  • Salam kenal juga, nebeng makan sambel donk :D

  • Ajeng Sari Rahayu

    Ah cabe, kenapa sih pake naik gitu hargamu :)

    Tapi Bunda tetep nyambel di rumah :D

  • Kotakhatiku

    nanti aja om.
    beri kesempatan buat petani cabe saja dulu.
    siapa tahu mereka bisa sejahtera

    • oke deh, tapi jangan lama2 yak, bisa tambah kere neh #mahasiswakere macam gw :D

  • yg saus / sambal botol bermerk mungkin pake bahan cabe yg belum naik harganya.

    tunggu aja 1-3 bulan lagi, mungkin harganya naik :hammer:

    • Kesimpulannya kita borong dulu neh gan segala macem saos di pasaran? :D