Press "Enter" to skip to content

Cabe = Emas

Petani cabe di Banyumas Jawa Tengah menjaga ketat tanaman cabe yang mulai memasuki masa panen. Setiap malam kebun cabe dijaga hingga dinihari untuk mencegah kasus pencurian menyusul meroketnya harga sayuran tersebut yang kini menembus Rp 100.000 per kilogram (kg). [sumber]

Rp 100.000 harga perkilo dari cabe? Hell yeah. Harga cabe perkilo nya udah mulai mendekati harga emas per gram nya. Jangan2 sebentar lagi cabe bakal dijadikan standar barter yang baru, ato bahkan diawetkan dengan air keras kemudian dijadikan perhiasan mewah :)

Kalo disatuin dengan lelucon dosen Fisika Nonlinier gw, maka persamaannya jadi gini. Alat barter kita akan bertambah, dari yang hanya mineral berharga [emas, intan, dll], ditambah dengan cabe yang udah punya “harga”. Sementara nilai hitung rupiah kita juga akan bertambah. Dari yang hanya ribu, juta, milyar, trilyun, ditambah dengan satuan Gayus. Kalo 1 milyar itu setara dengan 1000 juta, siapa yang tahu 1 gayus itu setara dengan berapa milyar? :)

Sebagai #mahasiswakere , gw termasuk pihak yang dirugikan dengan kenaikan harga cabe yang ga kira2 ini. Bagaimana tidak, setiap ke warteg, pasti sambelnya dijatah ama si-ibu-warteg, cukup sesendok-duasendok. Gimana mau nafsu makan, kalo kagak ada pedes2nya :(

Ditempat lain, saat gw lagi asyik makan mie telor, seseorang memesan nasi goreng. “Yang pedas mas”, gitu katanya. Namun apa yang dikatakan sang penjual? “Maaf mas, ga ada cabe nya”. Fuck that. Silahkan makan nasi-goreng-tanpa-cabe yang buat gw kayak makan sayur-asem-tanpa-garam.

Disisi lain kok saat makan mie telor itu gw ngerasa ada pedes2nya kok. Baru sadar kalo gw pake saos. Nah pertanyaannya, kenapa harga cabe melonjak gitu tajam, tapi harga saos kagak?

“Masyarakat dapat menaman cabai lewat warung hidup, membeli saus yang diproduksi industri bumbu, dan apabila masih dianggap mahal, untuk sementara tidak makan cabai terlebih dahulu,” saran Kadisperindag Pemprov Jabar, Ferry Sofwan Arif di sela-sela rapat Forum Koordinasi Pengendali Inflasi (FKPI) Jabar di Bandung, Rabu (5/1). [sumber]

Nah lho? Bahkan saat [iseng] belanja di minimarket terdekat, kayaknya ga ada perubahan harga saos, segitu2 aja harganya. Padahal saos bermerek lho. Tanya kenapa? :)

  • oh, lu sekarang jualan mousepad sm sambel ya ? (0.0)?

    • yoi coy, ntar ngulek sambelnya pake mouse gw, trus talenannya gw tatakin ama mouse pad :p

  • Kotakhatiku

    Kayaknya sekarang adalah saatnya untuk bertani cabe.
    hehehe

  • Agoest

    kalau bisa cabe jangan turun dulu harganya..biar paman ane merasakan enaknya jadi petani..
    kasihan,setelah bertahun-tahun jadi petani tanpa ada kepedulian dari pemerintah,baru sekarang merasakan enaknya bertani….
    di sawah saja kemarin sudah di hargai 85rb/kg…
    dari lahan yang sama jika tahun kemarin cuman dapt duit buat makan,sekarang baru separo lahan yg sama dapat yamaha Bison,1 PC core 2 duo,dan 1 nokia E-63..apa nggak gila tuh..ha..ha..ha…

    • Langsung mendadak jadi petani cabe semua itu mah -,-

    • ima

      Alhamdulillah.. ikut seneng dengernya :)

    • Seneng kepada nasib petani cabe dan sedih pada nasib #mahasiswakere kan mba :)

  • rave

    kalo boleh berandai-andai, seandainya cabe jadi patokan di pasar saham, menggantikan emas. Hahaha.. *gelo

    pengen sambelnya…

    • yang bisa merasakan sambel cuman orang kaya gan :D

    • sialnya jadi org kere… :D

    • berati anda telah menghina kaum #mahasiswakere gan :(

    • bukannya menghina, ini sama2 kerenya :tongue:

    • Tos dulu ah :lol:

  • ima

    walopun cabe jadi perhiasan gw sih ogah pake miftah… bisa2 dianggap pasar berjalan gw hahahahah :P

  • popi

    kenapa saos murah? karena cabe atau tomat yg dipake cabe/tomat busuk! ini katanya loh!

    • Katanya yang pake cabe/tomat busuk itu cuman yang merek “ecek2” kang? Ini termasuk yang merek favorit saya juga ga terpengaruh kenaikan harga cabe lho O_o

  • iam

    Iya juga ya, ko saos ga naik? Aduh. Tapi gapapa sob. Makin sengsara aja gue kalo saos ikut naik >,<

    • Aslinya gw juga gitu, tapi y monggo dipikirin juga kan. Jangan2 cabenya ga asli. Cuman rekayasa kimia :(

  • bagaimana ya dengan warung2 dengan maskot “masakan aneka sambel”..pasti harga per porsi melonjak juga…

  • ardhan

    gileee harganya. di aceh dulu juga pernah segitu..

    siapa yg ga takut dicuri ya hehehehe

    mudah2an sambel diwarung ga naek (wkwkwkw)

    • Udah naek lho kang, dijatah mau ambil sambel juga >> pengalaman :(

  • Deny Gnasher Setiyadi

    Untungnya saya orang Jawa yang tidak suka pedas :)
    Btw, menurut KBBI bukan silahkan, melainkan silakan :D

    • Berarti orang Jawa bakal kelabakannya pas harga gula naek :p
      Btw thanks ralat nya kang :)