Press "Enter" to skip to content

Jadwal Tidur Alternatif

Siapa yang ga butuh tidur? Jenis istirahat yang disebut sebagai istirahat total ini, termasuk salah satu kebutuhan dasar bagi anda2 yang masih ngerasa “Normal”. Kekurangan tidur dapat membuat daya tahan tubuh turun drastis.┬áNamun bagaimana jika kejadiannya adalah KELEBIHAN TIDUR?

Gw termasuk salah satu yang mengalami gejala akut ini. Gw dapat dengan mudah menemukan “mood” untuk tidur. Baik itu ketika bangun tidur, nongkrong di [edited for humanity], di ruang kuliah, di perpustakaan, di kendaraan, dll. Ini gejala jelek, gw tahu itu. Namun gw sampe sekarang belom bisa melepasnya meski sudah dipaksakan, mungkin belom bisa lebih tepatnya.

Tiap bangun, seringkali lebih dari jam 7 pagi. Padahal ketika di SMA, gw udah terbiasa bangun jam 5an. Ga perlu bentakan orang tua untuk dibangunkan, gigitan tikus aja udah bisa bikin gw bangun [suer, gw pernah digigit tikus ampe bangun :(]. Apakah ini dikarenakan letak kost gw yang stategis? Kost yang sepi, juga hanya memiliki seorang teman dikamar sebelah [karena ibu kost hanya menyewakan dua kamar], plus ibu kost yang enjoy aja gw bangun kesiangan :D

Untuk sementara, gw terbiasa melakukan jadwal alternatif, yakni tidur pagi hari, tepatnya setelah Shalat Shubuh [agar ga ketinggalan shalat], dan bangun perkiraan jam 10/11 siang. Jadwal alternatif ini jelas ga akan bisa digunakan bila ada kuliah/acara yang dilangsungkan sebelum jam 10 pagi. Untuk mengantisipasinya, gw memilih untuk ga tidur semalaman, dan tidur setelah acara tersebut.

Tidur di kelas

Kejadian fatal menguji jadwal alternatif gw itu, Ujian Akhir Semester Ganjil mata kuliah Bio Fisika Umum yang dilangsungkan tepat jam 08.00 WIB┬áSenin [10/1/2011] kemarin. Mengantisipasi jadwal yang “begitu pagi”, gw lantas berencana ga tidur semaleman. Ajaibnya, semaleman ntu gw belom dapet “mood” belajar, jadi maen game n online aja. Begonya, sekitar pukul 2.14 WIB, nyawa gw ilang ditelan bumi. Begitu sadar, notebook gw menujukkan jam 07.27 WIB. Dengan kondisi lokasi ujian paling jauh diantara lokasi ujian yang lain, plus dengan kondisi belom belajar, gw bergegas ke kamar mandi, hanya menyiramkan air ke sekujur tubuh, kemudian langsung mengeringkan badan. Nggak ada waktu buat sabunan ato sikat gigi.

Saat gw mengenakan pakaian, temen gw datang menyusul gw. Gw sentak aja tuh orang, gw udah menta dibangunin kalo gw ktiduran, malah yang bangunin kesiangan gini [catatan : gw terbiasa sms temen2 dulu pada saat gw mau begadang, khawatir rencana begadang gagal dan kondisinya kayak gini.]. Dia langsung nyolot, menta gw liat hape gw. Eh beneran, miscall n sms masuk udah banyak banget. Bego.

Y udah deh, sepanjang jalan [baca : lari] menuju lokasi ujian, gw ma temen gw, yang katanya bangunnya kesiangan juga, sibuk membolak-balik halaman slide mata kuliah yang diujikan. Masalah tambahan : Slide nya bahasa Inggris. Slide nya full hafalan mati. Kartu Tanda Ujian gw kagak kebawa. :(

Sudah saatnya mengganti jadwal alternatif ini :(

Gimana dengan anda? Apakah mengalami gejala jelek macem ini? Lebih parah? Ato ada yang punya solusi?

  • pink

    dulu waktu masa-masa SMK, saya termasuk orang yang punya sedikit waktu buat tidur. saya nggak bisa tidur kalo belum jam 2 malam. siangnya pun nggak pernah tidur.

    tapi sekarang. wadaw…
    waktu tidur saya jadi kelewatan. padahal saya cewek lho…
    hehehe…

    salam kenal.

    • Alhamdullillah situ cewek. Kalo cowok saya bingung ama url blog situ :mrgreen:

  • Ajeng Sari Rahayu

    Rada bingung dengan penyakitmu ini pak, nggak wajar….Sementara orang lain jam segitu pada tidur eh si bapak malah melek kan aneh,

  • susilo hardi

    Ada-ada saja…
    Ntar ada juga jadwal makan alternatif, jadwal main-main alternatif, dll.

  • Asop

    Hahaha, ini pasti sering dialami mahasiswa manapun. :D
    Tapi, gue rasa, sayang banget kalo tubuh ini dibuat tidur siang hari dan bangun malam hari. Sayang banget. Kalo tidur pagi2 ato siang, rasanya gak enak hati, karena terkesan menyia-nyiakan hari cerah yang udah dikasih Allah ke kita. :smile: Well, lain cerita kalo tidur siang hanya 30 menit. :whistle:
    Kalo mau, pas malem pun jangan gak tidur. Mending tidur, dulu bangun malem (dibangunin jam weker) sekitar jam 3. Sholat Tahajjud dulu, baru belajar. Itu sip banget. Gue pernah nyoba, dan suasana sepi plus udara sejuk menambah kemampuan otak untuk mengingat bahan pelajaran. :lol: