Press "Enter" to skip to content

Tips Komplit Beli Laptop, Jaminan Puas!

anime-minitokyo-keyword-search-total-wallpaper-girls-laptop-65982

“Tah, gue mau beli laptop nih, yang bagus yang mana ya?”

Pernah dapet pertanyaan kayak gitu? Gue pernah. Sory, boong. Maksudnya sering. Dan daripada gue jelasin hal yang sama berulang kali, gue tulis dimari aja ya apa aja yang perlu ente semua perhatikan kalo mau beli laptop.

Note : kalo ngerasa tips ini membantu, tolong sumbangkan nasi padang ke keluarga anak yatim dan atau piatu di sekitar rumah anda :3

1. Duit oy, Duit!

Yes, semua urusan duniawi dimulai dari duit. Yang cuma bisa suit doang, bakal kalah sama yang punya duit, betul?

Berapa duit yang siap lu keluarin buat beli laptop?

> 4 juta = beli laptop
3 – 4 juta = beli netbook
1 – 2 juta = kredit laptop

2. WTF is netbook?

Netbook adalah laptop cuma punya layar yang kecil, biasanya 9” – 11”. Karena punya layar yang lebih kecil, netbook jelas lebih mudah untuk dibawa-bawa daripada laptop biasa, tapi biasanya punya performa yang lebih lemot jika dibandingkan dengan laptop dengan spesifikasi yang sama (percaya deh), lagian siapa yang bakal puas nonton film ataupun maen game di layar sekecil itu?

Jadi menurut gue, kalo nggak bener-bener cekak banget duit ente, lebih baik beli laptop daripada netbook.

3. Laptop baru atau bekas?

Gue sih baru-freak ya. Kalo ada yang baru, kenapa beli yang bekas. Tapi kalo ente lebih suka beli bekas karena harganya lebih miring, monggo. Resiko no garansi ditanggung sendiri ya.

4. Processor? RAM? HD? Graphic Card?

Apa kerjaan yang kira-kira bakal ente lakuin paling banyak dengan calon laptop ente?

Nonton, browsing, microsoft office-thing – Intel i3, RAM 2GB, HD 320GB, Graphic Intel.

Game, design, programming, video-editing – Intel i5, RAM 4GB, HD 500GB, Graphic NVdia

Semua spek diatas rekomendasi ane ye, kalo kuat beli diatas itu silahkan, tapi kalo turun jangan terlalu turun banget. Spek pertama seharusnya udah bisa disikat dengan harga mulai dari 4 juta kok.

Terus maksud ane game diatas itu game real ye, semacam warcarft, counter strike, left 4 dead, bukannya game flash kayak produksi Game House onoh. Kalo ente lebih sering maen game flash, cukup pake spesifikasi pertama aja.

5. Jangan Lupa!

Sekarang udah jamannya USB 3.0 yang port nya warnanya biru, jadi usahakan beli laptop yang sudah memiliki port USB 3.0 walaupun cuma 1 biji. Lalu kalo bisa jumlah total port USB ada 3, karena kalo 2 ente bakal susah asli kedepannya. Dijamin.

Beberapa laptop juga tidak memiliki dics drive, mic, dan bluetooth, jadi kalo ente butuh dengan tiga komponen ini, pastiin dulu mic dan bluetooth nya ada dulu sebelum menyesal.

6. Mac or Windows?

Ada skenario yang harus dipenuhi dimana ente ane perbolehkan beli Mac : ente punya banyak temen yang pakai Mac. Why? Kalo ada apa-apa, biar ente nggak nanya ane, karena ane nggak pake Mac.

7. Merek lokal atau luar?

Ane sendiri belum pernah beli laptop merek lokal, jadi ane belum bisa ngomong apa-apa perihal merek lokal. Ane sendiri udah pernah megang Acer, Asus, sama Lenovo. Ketiganya keren, mungkin merek lokal juga udah sama kerennya. Pilih aja yang ente suka, kali aja ente tertarik ada promo beli laptop dapet rumah gitu.

8. Belinya dimana?

Nah ini, usahain beli laptop ditempat yang punya banyak koleksi laptop, biar ente bisa milih laptop mana yang ente suka. Banya variasi pilihan gitu lah. Kalo ane sih biasanya dateng tuh ke pameran komputer cuma buat lihat laptop terbaru aja, kalo ada yang suka dicatet itu merek dan tipenya. Abis itu buka Lazada Indonesia, masuk bagian komputer dan laptop, cari merek dan tipe tersebut, dan voila, biasanya dapet harga yang lebih murah daripada harga di pameran, dan itupun kadang ada promo tambahan plus bisa dikredit, bwahahahahha (nggak mau rugi).

lazada indonesia

Apalagi di Lazada kan bisa filter laptop berdasarkan harga terendah juga tuh, jadi buat ente yang beneran terbatas duitnye nggak perlu mangap-mangap nggak jelas ngeliatin laptop dengan harga yang lebih mahal mulu :3

Gimana-gimana pemirsa, sudah jelas kan gimana cara memilih laptop yang baik dan benar. Kalo ada yang masih ingin ditanyakan, tinggalin pertanyaan di kolom komentar dibawah deh, nanti ane jawab (kalo lagi ada angin).

Ciao! *balik ngumpet dari bos*

  • wihhh muka baru nih blognya… misal nih, gua ada bajet 12 juta, bagusnya beli leptop yang speknya kek gimana ya mif?

  • wihhhhhhh advertise :P

  • Darmawan Thalib

    beli acer aja udah… punya gue udah mau 5 taon.