Press "Enter" to skip to content

Menikmati Keindahan Tanah Papua

Pernah berkunjung ke wilayah timur Indonesia, Jayapura? Kota Jayapura, Papua pulau paling timur Indonesia ini memiliki keindahan alam yang tersembunyi dan tak habis-habis untuk dikunjungi. Tak hanya alamnya yang indah dan menawan. Papua menyimpan kearifan lokal dan budaya yang masih kental. Mengunjungi Papua dapat menjadi pengalaman menarik dan referensi bagi Anda untuk berlibur.

Wilayah timur Indonesia saat ini sudah semakin mudah disambangi. Beberapa maskapai penerbangan sudah menyediakan penerbangan langsung ke Jayapura. Salah satunya adalah Sriwijaya Air yang saat ini menambah rute penerbangan dari Makassar ke Papua sejak tahun 2013.

Adapun di tahun 2016 rute penerbangan Jayapura-Jakarta telah dikembangkan, sehingga penerbangan ke kota Papua akan lebih mudah. Sriwijaya Air menawarkan beberapa promo menarik. Anda dapat beli tiket Sriwijaya Air murah di beberapa OTA (Online Travel Agent) yang ada. Beberapa promo menarik dapat menjadi kesempatan Anda agar dapat mengunjungi Tanah Papua.

Nah, Berikut adalah beberapa bukti keindahan Papua yang dapat menjadi referensi kunjungan Anda untuk segera mengunjunginya:

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman dengan luas 1.453500 hektar ini lebih banyak berupa perairan sehingga saat ini menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia. Taman ini juga menjadi pusat penelitian Hiu, Paus oleh pemerintah. Di bawah lautnya juga terdapat beberapa moluska, jenis ikan, kura-kura, penyu dan lumba-lumba yang dapat menemani Anda saat menyelam.

Anda juga dapat menjelajahi beberapa pulau yang ada diantaranya Pulau Yoop, Pulau Numfor, pulau Nusrowi dan Pulau Mioswaar yang memiliki gua sumber air panas dengan kandungan belerang. Taman ini berlokasi di dua kabupaten yaitu Wondama dan Nabire.

Sumber : anekatempatwisata.com

2. Raja Ampat

Kawasan ini terkenal akan keindahannya dan memiliki beragam biota laut, ketika Anda menyelam akan menemukan sekitar 1511 jenis ikan. Di pulau ini Anda dapat juga melakukan trekking dengan menyewa pemandu wisata agar tidak tersesat. Sebagai oleh-oleh disini Anda dapat membeli suvenir berupa patung suku Asma, alat musik dan kain tradisional.

3. Danau Sentani

Danau ini adalah yang terbesar di Papua dengan ketinggian 75 meter diatas laut dan 21 pulau yang menghiasinya. Anda dapat berkeliling danau dengan menyewa perahu, berenang, memancing serta menyantap kuliner setempat. Hal yang paling ditunggu adalah Festival Danau Sentani di bulan Juni, Anda akan menyaksikan beragam pertunjukan seni dan budaya.

4. Danau Paniai

Danau ini termasuk danau terindah dengan ketinggian 1700 meter diatas permukaan laut dan luas 14500 hektar. Danau ini merupakan penghasil ikan air tawar terbesar di Papua. Anda dapat memancing sambil ditemani perempuan suku Mee dan Moni yang dipanggil “Mama”. Selain memancing Anda dapat menyewa perahu dan menikmati warung makan yang berada di sekitar danau.

5. Lembah Baliem

Terletak di sekitar pegunungan Jayawijaya yang memiliki ketinggian sekitar 1600 meter dari permukaan laut sehingga udara disini sangat sejuk. Setiap bulan Agustus terdapat festival Lembah Baliem yang mencariktakan peperangan antar suku di daerah tersebut. Di tempat ini masyarakat suku Dani dan etnisnya masih sangat kental akan budaya. Anda dapat berinteraksi dengan mereka dan mengenal kebudayaan dengan lebih dalam lagi.

Sumber : wisataku.id

6. Pantai Bosnik

Hamparan pasir yang luas di pantai ini serta jernihnya air laut dan beberapa pohon kelapa disekitar pinggiran pantai membuat suasana menjadi semakin menarik. Harga tiket masuk pantai yang berada di desa Woniki ini adalah Rp10.000,- Selain menikmati keindahannya di pantai ini Anda dapat bermain voli serta menyewa saung sambil menikmati es kelapa segar.

7. Puncak Jayawijaya

Gunung Jayawijaya adalah gunung yang sangat terkenal di luar negri. Gunung ini menjadi salah satu favorit pada pendaki untuk menikmati keindahan pesonanya yang khas. Salah satu hal yang menarik, Jayawijaya adalah satu-satunya puncak gunung di Indonesia yang memiliki salju dan sering disebut salju abadi.

8. Pulau Rumberpon

Pulau yang indah dengan pantai sepanjang 6 km menyambut kedatangan Anda. Di pulau ini Anda dapat mengunjungi hutan Bakau dan melihat rusa di padang alang-alang.

Sumber : wisataku.id

 

Keindahan alam Papua yang masih asri adalah kunci utama wisata di daerah ini. Semoga keasrian terus terjaga dan semakin banyak pengunjung yang dapat menikmai keindahannya.